Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan kegiatan belajar yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk membantu mereka mencapai tujuan belajar dan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Menurut Edgar Dale, sumber belajar adalah pengalaman hidup yang luas, yang mencakup segala sesuatu yang dapat dialami seseorang. Maksudnya adalah adanya perubahan tingkah laku sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.

Sumber belajar, menurut AECT, dapat didefinisikan sebagai semua sumber yang dapat membantu siswa memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan belajar mereka.

Sumber belajar dapat digunakan secara terpisah maupun terkombinasi untuk membantu siswa mencapai tujuan belajar ketika sedang belajar. SMA Islam Terbaik membantu para siswa dalam memilah sumber belajar yang tepat, hal ini dilakukan agar siswa tidak mengalami kendala ketika ingin menggapai tujuan.

Jenis-Jenis Sumber Belajar yang Membantu Siswa Dalam Menentukan Tujuan Belajar

Secara umum, ada dua jenis sumber pembelajaran, yaitu:

  1. Sumber belajar yang sengaja direncanakan (learning resources by design) adalah semua sumber belajar yang dirancang khusus untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan formal.
  2. Sumber belajar yang ditemukan dan dapat dimanfaatkan (learning resources by utilization) adalah sumber belajar yang dapat ditemukan, digunakan, dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Berdasarkan pendekatan teknologi intruksional, sumber belajar dibagi menjadi beberapa kategori yakni:

  1. Pesan: Informasi, bahan ajar, cerita rakyat, dongeng, hikayat, dll.
  2. Orang-orang: siswa, guru, instruktur, ahli, nara sumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, dan tokoh karir.
  3. Bahan: transparansi, buku, film, slides, gambar, komik, relief, candi, arca, dan sebagainya.
  4. Alat/perlengkapan: komputer, perangkat keras, radio, televisi, VCD/DVD, kamera, papan tulis, generator, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng, dll.
  5. Diskusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, sarasehan, debat, talk show, dan sebagainya.
  6. Ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, taman, kebun, pasar, toko, museum, kantor, dan sebagainya adalah contoh lingkungan.

Fungsi Sumber Belajar Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Islam Terbaik

Sumber belajar memiliki banyak peran dalam proses pembelajaran, seperti berikut:

  1. Meningkatkan produktifitas pembelajaran

melalui peningkatan kecepatan belajar dan kemampuan guru untuk menggunakan waktu secara lebih efektif, serta pengurangan tanggung jawab penyampaian informasi, yang memungkinkan guru untuk lebih banyak membina dan mengembangkan gairah.

  • Memberikan kesempatan untuk pembelajaran yang lebih individual dengan mengurangi kontrol guru yang konvensional dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuan mereka.
    • Memberikan dasar pembelajaran yang lebih ilmiah, dengan cara: Pengembangan materi pembelajaran yang didasarkan pada penelitian dan perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis.
    • Memantapkan pembelajaran melalui peningkatan kemampuan sumber belajar dan penyediaan bahan dan informasi yang lebih rinci.
    • Memungkinkan belajar secara instan, dengan kata lain, mengurangi jarak antara pembelajaran verbal dan abstrak dengan pembelajaran kongkrit. Memberikan pengetahuan yang langsung.
    • Memberikan informasi yang dapat diakses di seluruh dunia, memungkinkan pembelajaran yang lebih luas.

Fungsi-fungsi di atas sekaligus menjelaskan mengapa sumber belajar penting untuk proses dan pencapaian hasil pembelajaran siswa.

Kriteria Memilih Sumber Belajar Yang Tepat Untuk Diterapkan di SMA Islam Terbaik

Kriteria umum dan berdasarkan tujuan adalah dua kriteria yang harus dipertimbangkan saat memilih sumber belajar. Dua kriteria tersebut antara lain:

Kriteria umum

Kriteria umum merupakan ukuran kasar dalam memilih sumber belajar, diantaranya adalah :

  1. Ekonomis : tidak harus terpatok pada harga yang mahal.
  2. Praktis : tidak memerlukan pengelolaan yang rumit, sulit dan langka.
  3. Mudah : dekat dan tersedia di sekitar lingkungan kita.
  4. Fleksibel : dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan instruksional.
  5. Sesuai dengan tujuan : mendukung proses dan pencapaian tujuan belajar, dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.

Kriteria berdasarkan tujuan

Beberapa kriteria memilih sumber belajar berdasarkan tujuan diantaranya sebagai berikut :

  1. Sumber belajar guna memotivasi, artinya pemanfaatan sumber belajar tersebut bertujuan meningkatkan minat, mendorong partisipasi, merangsang pertanyaan-pertanyaan, memperjelas masalah, dan sebagainya.
  2. Sumber belajar untuk pembelajaran, yakni untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
  3. Sumber belajar untuk penelitian, merupakan bentuk yang dapat diobservasi, dianalisis, dicatat secara teliti, dan sebagainya.
  4. Sumber belajar untuk memecahkan masalah.
  5. Sumber belajar untuk presentasi, disini lebih ditekankan sumber sebagai alat, metode atau strategi penyampaian pesan

Itulah beberapa informasi terkait sumber belajar yang dapat diterapkan oleh semua SMA Islam Terbaik di Indonesia.